Managed Service Provider, Cara Jitu Kembangkan IT Anda

   Sudah dua kali webinar yang diadakan oleh EVENTCERDAS membahas mengenai Managed Service Provider. Dalam kesempatan pertama, kami membahasnya menggunakan produk PRTG yang banyak digunakan di perusahaan Indonesia. 

Salah satu keunikan dari PRTG adalah karena biaya investasi yang rendah, untuk monitoring berbagai hal, mulai dari jaringan, perangkat server, bandwidth, hingga aplikasi dan database. Maka bagi perusahaan yang memiliki dana investasi cukup, mereka dapat membeli PRTG dan melakukan instalasi dengan mudah. 

Tapi bagi sebagian perusahaan yang memiliki keterbatasan budget IT, atau mungkin memiliki konsentrasi di bidang lain, maka penggunaan jasa Managed Service Provider menjadi pertimbangan utama.

Dengan produk dari PRTG, maka semua aspek IT perusahaan dapat dimonitor dengan mudah, dalam satu platform. 

Pembahasan selengkapnya bisa diikuti dalam video dibawah ini.

Namun selain faktor kemudahan, perusahaan pengguna jasa layanan Managed Service Provider melihat hal lain, diantaranya :

1. Kemampuan MSP untuk bisa mendukung operasional IT lebih baik dibandingkan mengembangkan tim sendiri. 

2. Perusahaan MSP dibayar dengan menggunakan pendekatan SLA (Service Level), sehingga pembayaran sangat mungkin fleksibel dan efisien.

Faktor penerapan Service Level menjadi salah satu hal penting dalam implementasi MSP. Bukan hanya soal efisiensi biaya, tapi juga efektifitas. 

Banyak perusahaan MSP IT di Indonesia bergerak mulai dari pengadaan tenaga SDM IT (IT outsourcing), hingga penyediaan perangkat dan jaringan serta bandwidth. Semua ini perlu monitoring sistem yang lengkap, mudah digunakan, dan tentu saja powerfull.

sumber: https://www.kompasiana.com/startmeup/62c8d06fbb448612966618b3/managed-service-provider-cara-jitu-kembangkan-it-anda


0 Comments